Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Video

Berita

Nasional

Teknologi

Opini

Agama

» » » » » » Tiga Prinsip Waras Bermedia Sosial


Ada tiga prinsip esensial yang harus diketahui oleh pengguna media sosial sebelum telanjur menjadi antisosial. Prinsip pertama adalah prinsip media sosial sebagai media dan bukan tujuan. Prinsip ini adalah prinsip yang hakiki, tetapi sering terabaikan, sehingga berdampak pada munculnya sikap antisosial.

Banyak di antara pengguna media sosial secara tidak sadar menjadikan media sosial sebagai tujuan dari sosialisasi, padahal media sosial hanya berperan sebagai media, yang membantu manusia mencapai tujuan dari sosialisasi, yakni terjun secara nyata di dalam masyarakat.

Prinsip kedua adalah prinsip dua arah dari media sosial. Prinsip ini ingin mengatakan bahwa media sosial tidak diciptakan untuk kepentingan diri sendiri, melainkan agar terciptanya interaksi dan komunikasi dua arah, baik secara personal maupun komunal. Namun, prinsip ini sering dilupakan karena banyak pemakai media sosial yang hanya berpusat pada dirinya sendiri.

Seorang ahli psikologi, dalam penelitiannya juga mengatakan bahwa di dunia maya, budaya membicarakan tentang diri sendiri mendapat ruang yang lebih besar, sehingga penggunanya cenderung mengabaikan orang lain.

Dampak dari sikap egosentris ini adalah hilangnya prinsip dua arah dari media sosial. Terlalu banyak membicarakan mengenai diri sendiri berpotensi menghilangkan kesempatan untuk mendengar dan memerhatikan cerita orang lain.

Akibatnya, yang tercipta adalah jurang komunikasi antara satu pengguna dengan pengguna media sosial yang lain. Jurang tersebutlah yang pada akhirnya menjadi benih yang menumbuhkan sikap antisosial.

Prinsip ketiga adalah tentang adanya kepuasan sosialisasi di dunia nyata yang tidak didapatkan di dunia maya. Banyak pengguna media sosial yang tidak sadar bahwa ada kepuasan tersendiri ketika menjalani proses sosialisasi di dunia nyata dan kepuasan itu tidak dapat ditemukan di dunia maya.

Prinsip ini juga ditegaskan oleh Brian A. Primack dalam penelitiannya mengenai teknologi dan kesehatan. Ia mengatakan bahwa "mereka yang banyak menggunakan media sosial tak punya banyak waktu untuk menjalani pengalaman sosial langsung yang lebih memuaskan." Artinya, kepuasan dalam proses sosialisasi di dunia nyata sama sekali tidak dapat ditukar oleh media sosial.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply