Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Video

Berita

Nasional

Teknologi

Opini

Agama

» » » » » » » Berikut Arahan Kapolri Kepada Personel TNI-Polri di Papua


MIMIKA. Senin (2/4/2018). Kapolri, Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., dan Dankor Brimob Irjen Pol.  bersama rombongan melakukan kunjungan ke Mako Batalyon B Brimob Polda Papua, Mimika, Minggu (1/4/2018) pagi.

Kunjungan Kapolri kali ini dalam rangka memberikan arahan kepada anggota Batalyon B Brimob Polda Papua terkait pelaksanaan tugas dan konflik menonjol di Bumi Cenderawasih tersebut. Selain itu, Kapolri menyebutkan jika sinergitas TNI-Polri sejauh ini sudah sangat baik, jika ada permasalahan itu dilakukan oleh oknum tertentu.

Terkait konflik di Kwamki Narama, Kabupaten Mimika, halk tersebut merupakan penyakit lama sehingga memerlukan penanganan yang pro aktif agar masalah tersebut tidak berkepanjangan.

Kapolda dan Pangdam memiliki peran untuk membentuk solidaritas untuk mengantisipasi potensi konflik antara masyarakat. Konflik vertikal di Papua merupakan gerakan separatis yang ingin memisahkan diri dari NKRI yang berakar pada masalah ekonomi dan pembangunan yang belum merata.

Untuk mempercepat pembangunan, TNI-Polri harus menjaga stabilitas politik dan keamanan dengan melakukan komunikasi dengan para tokoh masyarakat baik formal maupun informal. Selain itu, diperlukan peran TNI-Polri untuk menyelesaikan konflik secara damai melalui dialog, bukan peperangan yang akan menimbulkan korban dan masalah baru.

Kunci utamanya adalah adanya sinergitas antara aparat keamanan, pemerintah daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat dan stakeholder lainnya. Sehingga masalah tersebut bisa teratasi dan tidak ada lagi peperangan.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply