Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Video

Berita

Nasional

Teknologi

Opini

Agama

» » » » » » Pemahaman Multikultural


Menciptakan suasana damai dalam masyarakat yang sangat multikultur melalui pendidikan multikultural memang memerlukan waktu dan konsistensi dari semua elemen bangsa ini.

Oleh karena itu, dalam tantangan maraknya sikap intoleran yang sedang muncul dan berkembang dari beberapa kelompok harus disikapi sebagai bahan evaluasi untuk melakukan tindakan yang lebih cepat dan simultan untuk melakukan pendidikan perdamaian baik dalam pendidikan formal maupun pendidikan non-formal.

Pengenalan akan ‘the other’ dan kenyataan akan multikultural tersebut haruslah menjadi sendi pendidikan saat ini, sehingga cita-cita perjuangan bangsa ini dapat tercapai atau setidaknya tidak seperti yang dikatakan oleh pepatah: ‘jauh panggang dari api’.

Konflik memang suatu kenyataan yang tidak dapat dipungkiri, namun konflik atas nama perbedaan dalam bingkai kehidupan yang multikultur dapat dimanajemeni sehingga menghasilkan sikap saling mengerti ketika konflik yang ada berhasil didialogkan.

Proses menuju harapan tersebut tentu akan dapat tercapai ketika semua elemen bangsa ini menyadari realitas kenekaragam tersebut. Pendidikan Multikultural menjadi sebuah alternatif solusi untuk mengatsi permasalahan kenaekaragaman yang saat ini dialami oleh Indonesia.

Setidaknya semua kita pasti memahami bahwa pendidikan di keluarga, sekolah, lembaga agama menjadi salah satu pemegang faktor penting penentu pola pikir individu/kelompok yang menjadi dasar seseorang untuk bertindak.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply